-->
Menu

15 Agt 2011

Contoh RPP EEK SD

Berikut ini adalah Contoh RPP EEK SD. Pada Mata Pelajaran Matematika ini pembaca silakan mengembangkan Contoh RPP EEK di bawah ini. Saya sendiri belum mahir dan masih belajar tentang RPP EEK (Eksplorasi, Elaborasi dan Konfirmasi) khususnya di tingkat sekolah dasar. Berikut contoh RPP EEK SD yang dikutip dari Meilanikasim Blog


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan    :  SD Negeri Kotagede I
Mata Pelajaran          :  Matematika
Kelas/Semester          :  V (Lima) / II (Dua)
Materi Pokok             :  Bangun Datar
Alokasi Waktu           :  8 x 35 menit (4 x pertemuan)
 A.    Standar Kompetensi
Memahami sifat-sifat bangun dan hubungan antarbangun.
B.     Kompetensi Dasar
Mengidentifikasi sifat bangun datar.
C.    Indikator Pembelajaran
  1. Mengidentifikasi sifat-sifat bangun datar trapesium.
  2. Menentukan rumus luas dan keliling bangun datar trapesium.
  3. Memecahkan permasalahan yang berkaitan dengan penggunaan rumus luas dan keliling bangun datar trapesium.
  4. Mengidentifikasi sifat-sifat bangun datar jajargenjang.
  5. Menentukan rumus luas dan keliling bangun datar jajargenjang.
  6. Memecahkan permasalahan yang berkaitan dengan penggunaan rumus luas dan keliling bangun datar jajargenjang.
  7. Mengidentifikasi sifat-sifat bangun datar belah ketupat.
  8. Menentukan rumus luas dan keliling bangun datar belah ketupat.
  9. Memecahkan permasalahan yang berkaitan dengan penggunaan rumus luas dan keliling bangun datar belah ketupat.
  10. Mengidentifikasi sifat-sifat bangun datar layang-layang.
  11. Menentukan rumus luas dan keliling bangun datar layang-layang.
  12. Memecahkan permasalahan yang berkaitan dengan penggunaan rumus luas dan keliling bangun datar layang-layang.
D.    Tujuan Pembelajaran
Setelah memperhatikan alat peraga dan mendengarkan penjelasan dari guru, maka diharapkan:
  1. Siswa dapat mengidentifikasi sifat-sifat bangun datar trapesium.
  2. Siswa dapat menentukan rumus luas dan rumus kelilng bangun datar trapesium.
  3. Siswa dapat memecahkan permasalahan yang berkaitan dengan penggunaan rumus luas dan keliling bangun datar trapesium.
  4. Siswa dapat mengidentifikasi sifat-sifat bangun datar jajargenjang.
  5. Siswa dapat menentukan rumus luas dan rumus kelilng bangun datar jajargenjang.
  6. Siswa dapat memecahkan permasalahan yang berkaitan dengan penggunaan rumus luas dan keliling bangun datar jajargenjang.
  7. Siswa dapat mengidentifikasi sifat-sifat bangun datar belah ketupat.
  8. Siswa dapat menentukan rumus luas dan rumus keliling bangun datar belah ketupat.
  9. Siswa dapat memecahkan permasalahan yang berkaitan dengan penggunaan rumus luas dan keliling bangun datar belah ketupat.
  10. Siswa dapat mengidentifikasi sifat-sifat bangun datar layang-layang.
  11. Siswa dapat menentukan rumus luas dan rumus keliling bangun datar layang-layang.
  12. Siswa dapat memecahkan permasalahan yang berkaitan dengan penggunaan rumus luas dan keliling bangun datar layang-layang.
Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin (discipline), rasa homat dan perhatian (respect), tekun (dilligence), kooperatif (cooperative) dan bertanggungjawab (responsibility).
E.     Metode/Pendekatan Pembelajaran
1.      Metode Pembelajaran
  1. Ceramah
  2. Diskusi
  3. Tanya-jawab
  4. Tutor sebaya
  5. Penugasan
  6. Kerja kelompok
2.      Pendekatan Pembelajaran
Cooperative Learning Tipe GI (Group Investigation)
F.     Materi Essensial
Sifat-sifat bangun datar
  • Trapesium
  • Jajargenjang
  • Belahketupat
  • Layang-layang
Menghitung luas dan keliling bangun datar
G.    Sumber/Alat Pembelajaran
  1. Buku Cerdas Matematika 5B untuk Sekolah Dasar Kelas V Semester Kedua, Yudhistira.
  2. Buku Terampil Berhitung Matematika untuk SD Kelas V, Penerbit Erlangga.
  3. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Sekolah Dasar, Model Silabus Kelas V SD, BSNP.
  4. LKS (lembar kegiatan siswa)
  5. Gambar bangun datar
H.    Langkah-langkah Kegiatan Belajar Mengajar
1. Pertemuan I (70 Menit)
a.      Kegiatan Awal (7 Menit)
Jenis Kegiatan
Alokasi Waktu
  1. Apersepsi dan motivasi
  2. Mengingat kembali pelajaran tentang bangun datar.
  3. Menyampaikan indikator pencapaian kompetensi yang diharapkan.
  4. Mengidentifikasi topik dan mengatur siswa dalam kelompok. Masing-masing kelompok terdiri dari 5-6 orang siswa.
2 menit
5 menit
b.      Kegiatan Inti (58 Menit)
Jenis Kegiatan
Alokasi Waktu
Eksplorasi
  1. Guru menawarkan sebuah topik (trapesium) yang akan dipelajari hari ini pada siswa.
  2. Guru membagikan LKS (Lembar Kegiatan Siswa) sebagai pedoman kegiatan yang akan dilakukan siswa di dalam kelompoknya.
  3. Siswa memahami sifat-sifat bangun datar trapesium beserta rumus luas dan kelilingnya.
  4. Siswa secara mandiri bersama kelompoknya bekerja sama untuk menyelesaikan tugas yang diberikan.
11 Menit
Elaborasi
  1. Siswa mengkaji, menginvestigasi dan mengumpulkan informasi tentang sifat-sifat bangun datar trapesium secara kooperatif yang nantinya akan dipresentasikan di depan kelas, berdasarkan instruksi yang ada dalam lembar kegiatan siswa.
  2. Siswa dalam kelompoknya saling memberikan kontribusi, saling bertukar dan berdiskusi tentang semua gagasan.
  3. Siswa secara berkelompok mengisi lembar kegiatan siswa yang telah dibagikan.
  4. Siswa menyelesaikan soal-soal yang berkaitan dengan luas dan keliling bangun datar trapesium.
  5. Siswa merencanakan dan membuat laporan hasil diskusi.
  6. Guru mengawasi kegiatan kerja kelompok yang sedang berlangsung dan memberikan bantuan seperlunya pada kelompok yang mengalami kendala dalam pengkajian topik.
  7. Masing-masing kelompok diberikan kesempatan untuk mempresentasikan hasil kerja kelompoknya masing-masing di depan kelas.
  8. Siswa dari kelompok lain diberikan kesempatan untuk bertanya atau memberikan tambahan jawaban pada kelompok penyaji, berdasarkan kriteria yang telah ditentukan sebelumnya oleh seluruh kelompok.
30 Menit
Konfirmasi
  1. Guru mengumumkan perolehan poin yang telah diraih masing-masing kelompok pada hari ini.
  2. Siswa diberikan kesempatan untuk bertanya tentang materi yang belum dipahami.
  3. Siswa bersama guru melakukan refleksi untuk pembelajaran pada hari ini.
17 Menit
c.       Kegiatan Penutup (5 Menit)
Jenis Kegiatan
Alokasi Waktu
Siswa bersama guru memberikan kesimpulan bahwa Trapesium adalah bangun datar segiempat dengan dua buah sisinya yang berhadapan sejajar.
3 menit
Guru memberikan tugas rumah pada siswa.
2 Menit
 2. Pertemuan II (70 menit)
a.      Kegiatan Awal (10 Menit)
Jenis Kegiatan
Alokasi Waktu
  1. Apersepsi dan motivasi:
  2. Mengingat kembali materi pelajaran pada pertemuan sebelumnya.
  3. Menyampaikan indikator pencapaian kompetensi yang diharapkan.
  4. Siswa diarahkan untuk membentuk kelompok sesuai pada pertemuan sebelumnya.
7 Menit
b.       Kegiatan Inti (55 Menit)
Jenis Kegiatan
Alokasi Waktu
Eksplorasi
  1. Masing-masing kelompok mengecek alat dan bahan yang diperlukan untuk kegiatan hari ini.
  2. Guru membagikan LKS (Lembar Kegiatan Siswa) sebagai pedoman kegiatan yang akan dilakukan siswa di dalam kelompoknya.
  3. Siswa belajar memahami konsep dan sifat-sifat bangun datar jajargenjang secara berkelompok.
5 Menit
Elaborasi
  1. Siswa diberikan tugas oleh guru untuk membuat gambar bangun datar sesuai topik yang telah disepakati pada hari ini (topik: Jajargenjang).
  2. Berdasarkan gambar tersebut siswa melakukan investigasi dan mengumpulkan informasi secara kooperatif tentang sifat-sifat dari bangun datar tersebut.
  3. Siswa bekerja sama dalam kelompoknya untuk mengisi lembar kegiatan siswa yang telah dibagikan.
  4. Siswa berpikir kritis serta menganalisis soal yang diberikan sebagai contoh permasalahan yang harus dipecahkan bersama-sama.
  5. Siswa secara kooperatif membuat laporan hasil investigasi materi yang akan dipresentasikan di depan kelas.
  6. Guru mengawasi kegiatan kerja kelompok yang sedang berlangsung dan memberikan bantuan seperlunya pada kelompok yang mengalami kendala dalam pengkajian topiknya masing-masing.
  7. Masing-masing kelompok diberikan kesempatan untuk mempresentasikan hasil kerja kelompoknya masing-masing di depan kelas.
  8. Siswa dari kelompok lain memperhatikan kelompok penyaji dan bersiap untuk memberikan pertanyaan atau tambahan jawaban terhadap materi yang disajikan, berdasarkan kriteria yang telah disepakati sebelumnya oleh seluruh kelompok.
33 Menit
Konfirmasi
  1. Guru mengumumkan perolehan poin yang telah diraih masing-masing kelompok pada hari ini.
  2. Siswa diberikan kesempatan untuk bertanya tentang materi yang belum dipahami.
  3. Siswa bersama guru melakukan refleksi untuk pembelajaran pada hari ini.
17 menit
c.      Kegiatan Penutup (5 Menit)
Jenis Kegiatan
Alokasi Waktu
Siswa bersama guru membuat kesimpulan bahwa Jajargenjang adalah bangun datar segiempat dengan sisi-sisinya yang berhadapan sejajar dan sama panjang.
3 menit
Guru memberikan tugas rumah pada siswa.
2 menit
 3. Pertemuan III
a.      Kegiatan Awal (10 Menit)
Jenis Kegiatan
Alokasi Waktu
  1. Apersepsi dan motivasi:
  2. Mengingat kembali materi pelajaran pada pertemuan sebelumnya.
  3. Menyampaikan indikator pencapaian kompetensi yang diharapkan.
  4. Siswa siswa diarahkan untuk membentuk kelompok sesuai kelompok yang telah disepakati pada pertemuan sebelumnya.
3 menit
2 menit
5 menit
 c.       Kegiatan Inti (55 Menit)
Jenis Kegiatan
Alokasi Waktu
Eksplorasi
  1. Siswa bersama guru membahas tugas rumah yang telah diberikan pada pertemua sebelumnya.
  2. Guru membagikan LKS sebagai pedoman bagi siswa untuk menyelesaik tugas oada hari ini.
  3. Siswa memahami konsep dan sifat-sifat bangun datar belah ketupat.
8 Menit
Elaborasi
  1. Siswa diberikan tugas oleh guru untuk mengkaji sifat-sifat beserta rumus luas dan keliling bangun datar belah ketupat.
  2. Siswa melakukan investigasi dan mengumpulkan informasi secara kooperatif yang nantinya akan dipresentasikan di depan kelas.
  3. Siswa dengan bimbingan guru menjawab soal-soal yang ada di lembar kegiatan siswa.
  4. Siswa membuat laporan hasil investigasi materi yang telah diperoleh secara kooperatif.
  5. Guru mengawasi kegiatan kerja kelompok yang sedang berlangsung dan memberikan bantuan seperlunya pada kelompok yang mengalami kendala dalam pengkajian topiknya masing-masing.
  6. Masing-masing kelompok diberikan kesempatan untuk mempresentasikan hasil kerja kelompoknya masing-masing di depan kelas.
  7. Siswa dari kelompok lain memperhatikan pemaparan hasil diskusi dari kelompok penyaji dan bersiap untuk memberikan pertanyaan atau tambahan jawab pada materi yang telah disajikan, berdasarkan kriteria yang telah disepakati sebelumnya oleh seluruh kelompok.
30 Menit
Konfirmasi
  1. Guru mengumumkan perolehan poin yang telah diraih masing-masing kelompok pada hari ini.
  2. Siswa diberikan kesempatan untuk bertanya mengenai materi yang belum dipahami.
  3. Siswa bersama guru membuat refleksi untuk pembelajaran pada hari ini.
17 menit
c.      Kegiatan Penutup (5 Menit)
Jenis Kegiatan
Alokasi Waktu
Siswa bersama guru membuat kesimpulan bahwa Belah ketupat merupakan bangun datar segiempat, yang keempat sisinya sama, dan sudut-sudut yang berhadapan sama besar.
3 menit
Guru memberikan tugas rumah pada siswa.
2 Menit
 4. Pertemuan IV
a.      Kegiatan Awal (10 Menit)
Jenis Kegiatan
Alokasi Waktu
  1. Apersepsi dan motivasi
  • Mengingat kembali materi pelajaran pada pertemuan sebelumnya.
  • Menyampaikan indikator pencapaian kompetensi.
  1. Siswa kembali membentuk kelompok sesuai kelompok yang telah disepakati pada pertemuan sebelumnya.
5 menit
5 menit
b.      Kegiatan Inti (57 Menit)
Jenis Kegiatan
Alokasi Waktu
Eksplorasi
  1. Siswa bersama guru membahas tugas rumah yang telah diberikan pada pertemuan sebelumnya.
  2. Guru membagikan LKS sebagai pedoman instruksi tugas yang harus diselesaikan siswa pada hari ini.
  3. Siswa memahami konsep dan sifat-sifat bangun datar layang-layang secara mandiri dan berkelompok.
5 Menit
Elaborasi
  1. Siswa diberikan tugas oleh guru untuk mengkaji sifat-sifat beserta rumus luas dan keliling bangun datar layang-layang.
  2. Siswa melakukan investigasi dan mengumpulkan informasi secara kooperatif yang nantinya akan dipresentasikan di depan kelas.
  3. Siswa dengan bimbingan guru menjawab soal yang ada di lembar kegiatan siswa.
  4. Siswa membuat laporan hasil investigasi materi yang telah diperoleh secara kooperatif di dalam kelompoknya masing-masing.
  5. Guru mengawasi kegiatan kerja kelompok yang sedang berlangsung dan memberikan bantuan seperlunya pada kelompok yang mengalami kendala dalam pengkajian topiknya masing-masing.
  6. Masing-masing kelompok diberikan kesempatan untuk mempresentasikan hasil kerja kelompoknya masing-masing di depan kelas.
  7. Siswa mengevaluasi kejelasan dan penampilan presentasi berdasarkan kriteria yang telah disepakati.
34 Menit
Konfirmasi
  1. Guru mengumumkan perolehan poin yang telah diraih masing-masing kelompok pada hari ini, sekaligus mengumumkan dan memberikan hadiah untuk kelompok terbaik.
  2. Siswa diberikan kesempatan untuk bertanya mengenai materi pelajaran yang belum dipahami.
  3. Siswa bersama guru melakukan refleksi untuk pembelajaran pada hari ini.
18 menit
c.       Kegiatan Penutup (4 Menit)
Jenis Kegiatan
Alokasi Waktu
Siswa bersama guru membuat kesimpulan bahwa
Layang-layang memiliki sifat-sifat sebagai berikut.
  1. Layang-layang mempunyai satu sumbu simetri.
  2. Terdapat 2 pasang sisi yang sama panjang.
  3. Terdapat sepasang sudut berhadapan yang sama besar.
Salam penutup.
3 menit
3 menit
 I.       Evaluasi Pembelajaran
1.      Prosedur Evaluasi
  1. Penilaian proses (terlampir)
  2. Postes
2.      Jenis Evaluasi
Tes tertulis
3.      Bentuk Evaluasi
Pilihan ganda
4.      Alat Evaluasi
(Terlampir)
J.      Skor Penilaian
Untuk soal pilihan ganda yang terjawab dengan benar, skornya = 15. Jadi, jumlah skor untuk soal pilihan ganda =  15/15 x 100 = 100.
K.    Kriteria Keberhasilan
Siswa berhasil/kompeten dengan nilai minimal = 70.

Akhir kata, Contoh RPP EEK SD di atas semoga bisa menambah keberhasilan dalam pembelajaran, Wagu Indonesia mengucapkan, Selamat Mengajar!


Artikel Terkait:

Back Top

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...