-->
Menu

14 Agt 2011

Media Pembelajaran Perkalian Dengan Metode Matriks

Apa kabar guru Indonesia, kali ini kata pak guru akan mencoba menawarkan Media Pembelajaran Perkalian dengan metode matriks. Seperti diamblil dari Kompasiana. Berikut pembahasannya.
    Keterampilan melakukan operasi perkalian merupakan salah satu kemampuan dasar matematika yang harus dikuasai oleh siswa pada jenjang pendidikan dasar. Kemampuan melakukan operasi perkalian menjadi prasyarat penting guna mempelajari matematika lebih lanjut.

    Operasi perkalian ini harus dipelajari setelah siswa menguasai dengan baik operasi penjumlahan. Karena operasi perkalian merupakan penggandaan atau pengulangan operasi penjumlahan, jadi penguasaan kemampuan melakukan operasi penjumlahan merupakan dasar untuk mempelajari operasi perkalian.

    Guna memantapkan kemampuan melakukan operasi perkalian guru dapat menggunakan berbagai media atau alat peraga. Salah satu media untuk membantu siswa dalam memantapkan kemampuan melakukan operasi perkalian saya sajikan di sini yaitu dengan teknik matrik. Media ini saya coba buat se-interaktif mungkin dengan tujuan dapat lebih menarik minat para siswa terutama mereka yang masih duduk di bangku sekolah dasar.

     Ada beberapa langkah untuk melakukan operasi perkalian dengan teknik matrik ini, misal kita akan menyelesaikan soal 367 x 89, langkah-langkah penyelesaian :
  1. Bilangan 3, 6, dan 7 kita tempatkan pada 3 kolom pada baris pertama, dan bilangan 8 dan 9 pada dua baris pada kolom paling kanan.
  2. Lakukan operasi perkalian 3 x 8 yang menghasilkan 24. Bilangan 24 dituliskan pada sel/kotak dibawah 3 dan sebaris dengan 8, dan penulisannya dipisahkan antara puluhan dan satuan (gambar 1). Demikian seterusnya untuk 3 x 9, 6 x 8, 6 x 9, 7 x 8, dan 7 x 9.
  3. Setelah semua operasi perkalian dilakukan, langkah berikutnya adalah menjumlahkan sesuai dengan arah diagonal mulai dari diagonal paling kanan, dan hasil penjumlahan dituliskan pada sel/kotak pada bagian tepi kiri dan bawah (gambar 2). Diagonal paling kanan = 3, berikutnya 6 + 6 + 4 = 16 dituliskan 6, puluhan 1 disimpan dan ditambahkan pada diagonal berikutnya : 1 + 5 + 8 + 5 + 7 = 26 ditulis 6, 2 disimpan dan ditambahkan pada diagonal berikutnya 2 + 4 + 4 + 2 = 12 ditulis 2, 1 disimpan dan ditambahkan pada diagonal berikutnya 1 + 2 = 3.
  4. Hasil perkalian diperoleh dengan urutan mulai kanan bawah sebagai “satuan”, sebelah kirinya sebagai “puluhan” dan seterusnya. Jadi kita mendapatkan hasil bahwa : 367 x 89 = 32663

gb-11


gambar 1

gb-2 
gambar 2
 
Tulisan di atas adalah media pembelajaran interaktifnya, silahkan mencoba Media Pembelajaran Perkalian dengan Metode Matriks di atas semoga bermanfaat.
 
Sumber : Kompasiana


Artikel Terkait:

Back Top

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...